Share To

NGANTUK - 10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk

NGANTUK
NGANTUK - 10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk
NGANTUK adalah sebuah keinginan diri kita untuk segera tidur, yaitu sebuah kondisi dimana tubuh kita memberikan sutu notifikasi atau pemberitahuan agar kita segera tidur. Jadi, ngantuk itu bisa di istilahkan sebagai warning system yang ada pada tubuh kita.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

NGANTUK, Jam-jam setelah makan siang paling rawan menurunkan produktivitas seseorang. Mengantuk jadi satu alasan utama. Tekanan pekerjaan sejak pagi dan sepanjang hari juga bisa menyebabkan kejenuhan dan stress melanda.

Apa sih yang Menyebabkan Ngantuk?

Sebelum saya memberikan 10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk, ada baiknya kita mengetahui apa yang menyebabkan kita NGANTUK. Menurut yang telah saya baca dan pahami, ada 3 hal yang menyebabkan ngantuk, yaitu :
  1. Kurang Olahraga
    Menurut dr, Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga, mudah mengantuk disebabkan karena kurangnya berolahraga. Jika tidak olah raga tubuh akan loyo, tubuh mudah lelah dan tidak berenergi. Sebaliknya juga, apabila telalu keras dalam berolahraga seseorang akan merasa sangat mengantuk dan lelah. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin dan jangan berlebihan, kata dr. Michael.
  2. Gejala Anemia
    Mudah mengantuk, juga bisa disebabkan oleh gejala anemia kekurangan sel darah merah atau biasa disebut dengan anemia. Jika tubuh kita kekurangan sel darah merah, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Lakukanlah pemeriksaan darah.
  3. Gejala Prediabetes
    Menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin, rasa ngantuk ada kemungkinan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami yang namanya berlebihannya insulin atau biasa disebut dengan hiperinsulinemia, sehingga kadar gula darah turun drastis. Karena itulah, amatilah gejala prediabetes.
Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk?

Ada 10 Cara Hilangkan Rasa Ngantuk yang akan saya sampaikan, agar dapat menghilangkan rasa ngantuk ketika kita sedang mengerjakan tugas dimalam hari. Berikut adalah caranya :
  1. Setiap 30-60 menit lakukanlah sesuatu yang aktif, contohnya lari-lari ringan, Push Up, Lompat-lompat, dan sebagainya.
  2. Minumlah banyak air putih. Dehidrasi juga dapat menyebabkan ngantuk.
  3. Bekerjalah di tempat terang, penuh cahaya. Jangan bekerja di tempat yang redup.
  4. Dengarkan musik yang nge-Beat, lagu melow bisa membuat teman-teman mengantuk.
  5. Minum minuman yang berkafein, jika dibutuhkan. dan Jangan berlebihan.
  6. Makan makanan yang berprotein tinggi, contohnya telur, kacang mete, almon, dan lain-lain.
  7. Jangan memakan makanan berat, terutama makanan yang mengandung zat tepung yang tinggi.
  8. Lakukan pernafasan yoga dimana menghirup dan menghembuskan nafas melalui hidung, dan tarik pada bagian perut anda kearah diafragma saat bernafas. Lakukan hal ini dengan sangat Cepat.
  9. Jaga pikiran anda agar tidak mengantuk dengan mengunyah permen karet atau batu es.
  10. Cuci muka dan pergelangan teman-teman dengan menggunakan air dingin.
Cukup sekian pembahasan tentang “10 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk” yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Sahabat Supranaturaljokowi.com agar dapat menghilangkan rasa NGANTUK.


Supranatural Jokowi
Bagi anda yang ingin copy paste artikel ini saya ikhlas dengan syarat sertakan Sumber dan Link ini : http://www.supranaturaljokowi.com/2015/02/ngantuk.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar