Share To

Menjelajahi Taman Mini Indonesia Indah

WISATA INDONESIA, Menjelajahi Taman Mini Indonesia Indah - Wisata TMII, Siapa yang tidak kenal dengan TMII? Wisata Taman Mini Indonesia Indah salah satu wisata terfavorit di indonesia. Sebagian besar orang Indonesia pasti tahu dengan taman berbasis budaya yang menjadi salah satu ikon wisata Jakarta ini. TMII atau lengkapnya Taman Mini Indonesia Indah menampilkan miniatur yang menggambarkan keragaman dan keindahan Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah

WISATA TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)

Di Taman Mini Indonesia Indah, anda bisa menyaksikan 26 replika rumah tradisional dari seluruh kepulauan Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Semua miniatur di TMII menggambarkan sejarah, tradisi, kesenian, dan kerajinan dari tiap provinsi di Indonesia. Dengan dibangun di atas areal yang luas, TMII menjadi sarana rekreasi sekaligus belajar, dengan dilengkapi museum, teater pertunjukan, sejumlah taman flora dan fauna, dan sebagainya.

Untuk lebih mengekspresikan hidup berdampingan antar pemeluk agama dan toleransi di Indonesia, dibangunlah rumah-rumah ibadah seperti masjid, gereja Katolik dan Protestan, pura, dan vihara, yang hingga kini masih aktif digunakan. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat danau berukuran besar dengan bentuk pulau-pulau di Indonesia. Jika dilihat dari udara, peta Indonesia di danau ini akan terlihat dengan sempurna. TMII sendiri merupakan gagasan Ibu Tien Soeharto, dimana pembangunannya dimulai pada tahun 1971 dan peresmiannya dilakukan pada 20 April 1975. Bagi anda yang belum berkesempatan untuk menjelajahi seluruh pulau di Indonesia, anda bisa menjadikan TMII sebagai sarana untuk mengenal keanekaragaman budayanya.

Di TMII, anda bisa melihat dan mempelajari arsitektur dari tiap rumah adat seperti “Lamin” yang merupakan rumah panjang bagi Suku Dayak yang tinggal di pedalaman Kalimantan Timur, “Bongonjong” yang merupaka rumah adat Ranah Minang, “Tongkongan” yang menjadi lumbung padi bagi penduduk Tanah Toraja, “Bolon” yang merupakan rumah adat Suku Batak yang banyak ditemukan di daerah Danau Tona, atau “Joglo” yakni rumah adat Jawa Tengah.

Bagi para pecinta alam, taman bunga, taman anggrek, taman burung, taman herba, dan taman cacti bisa menjadi tujuan yang menarik. Sementara bagi anak-anak, bisa mengunjungi Istana Anak-anak Indonesia yang menyajikan dongeng dari Indonesia dan seluruh dunia, taman hiburan, dan kapal angsa untuk menjelajahi danau. Bagi anda remaja dan dewasa, anda bisa memasuki Imax Theater, panggung pertunjukan music, rekreasi ari, atau Snowy Bay.

Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah Teater Tanah Airku yang dilengkapi teknologi panggung seni, yang juga memadukan estetika Indonesia dan Internasional. Alat pengeras suara yang modern, peralatan panggung yang lengkap, dan efek pencahayaan yang baik, menjadi bagian dari hebatnya pertunjukan di Teater Tanah Airku.

Di samping itu, anda juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya di kompleks TMII, seperti :
  1. Pusat Peragaan IPTEK yang menampilkan beragam karya IPTEK
  2. Museum Keprajuritan yang menggambarkan semangat keprajuritan rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajah
  3. Museum Prangko Indonesia yang menampilkan perkembangan prangko di Indonesia
  4. Museum Pusaka yang menampilkan kegiatan peragaan dan pengelolaan 5000 koleksi pusaka
  5. Museum Transportasi yang menampilkan perkembangan transportasi di Indonesia dan dunia
  6. Museum Listrik dan Energi Baru yang menggambarkan bagaimana hemat energi
  7. Museum Ramayana yang memiliki relief cerita Ramayana
  8. Museum Minyak dan Gas Bumi yang menceritakan industri perminyakan
  9. Museum Telekomunikasi yang menampilkan perkembangan pertelekomunikasian Indonesia dari masa ke masa
  10. Museum Penerangan yang menggambarkan unsur penerangan yang mendukung perjuangan bangsa
  11. Museum Olah Raga yang memberikan pemahaman akan pentingnya olah raga
  12. Museum Asmat yang menampilkan karya seni Asmat
  13. Museum Komodo yang menampilkan aneka fauna Indonesia
  14. Museum Serangga yang menampilkan beragam seranga di Indonesia
  15. Museum Timor Timur yang menampilkan benda-benda yang menjadi identitas Timor-Timur dalam Uma Lateum
  16. Museum Istiqlal yang menampilkan kebudayaan Islam Indonesia
  17. Bayt AlQur’an yang menampilkan hal-hal yang terkait dengan Al Quran
  18. Museum Indonesia
  19. Museum Hakka Indonesia
  20. Dan Museum Purna Bhakti Pertiwi
DENAH TAMAN MINI INDONESIA INDAH
DENAH TAMAN MINI INDONESIA INDAH
Perbesar Gambar Klik Disini

Taman Mini Indonesia Indah dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB, dengan tiket masuk seharga Rp 15.000. Untuk masuk ke tiap anjungan dan museum, pengunjung dikenakan tarif yang berbeda-beda. Selain anjungan, sarana rekreasi, taman flora dan fauna, museum, dan tempat ibadah, TMII juga menyediakan fasilitas penginapan yaitu Desa Wisata Hostel dan Graha Wisata Remaja.

Supranatural Jokowi
Bagi anda yang ingin copy paste artikel ini saya ikhlas dengan syarat sertakan Sumber dan Link ini : http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/menjelajahi-taman-mini-indonesia-indah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar