Share To

Sejarah Dan Pengertian Sundel Bolong

SUNDEL BOLONG adalah suatu mahluk halus yang sosoknya menyerupai kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian putih panjang sampai ke tanah. Berikut ulasan sejarah dan pengertian sundel bolong.

Sundel Bolong
MAKHLUK HALUS SUNDEL BOLONG
Hantu Sundel Bolong Masih sama dengan hantu Indonesia pada umumnya, si Sundel bolong digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Tentu saja dengan wajah yang menyeramkan ditambah dengan bolong ("berlubang tembus") di bagian punggungnya. Rambut panjangnya akan sedikit menutupi bagian yang bolong dan organ-organ tubuh bagian perut pun terlihat.

Sebenarnya Mitos hantu sundel bolong juga sudah terkenal di negeri Jiran Malaysia. Imigran-imigran nusantara lalu membawa cerita yang berkembang disana. Diduga bahwa mitos ini diciptakan dan disebarkan di nusantara untuk menghindarkan wanita yang berjalan sendirian saat malam hari di pedesaan dari gangguan laki-laki yang berniat jahat, terutama untuk memperkosa.

Sundel Bolong jika diartikan secara langsung mempunyai arti "Sundal" yang umumnya merujuk pada "wanita jalang" atau "pelacur", sementara "Bolong" diambil dari bahasa jawa yang artinya "berlubang tembus".

Pengertian Sundel Bolong adalah suatu mahluk halus yang sosoknya menyerupai kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian putih panjang sampai ke tanah. Jumlahnya tidak banyak. Biasanya hidup sendirian di bagian bawah pohon besar.

Bedanya dengan Kuntilanak adalah Sundel Bolong ini punggungnya berlubang dan wajahnya menakutkan. Jika kita lewat di dekatnya, dari tempat keberadaannya sering tercium bau busuk / bacin. Sundel Bolong memiliki kekuatan gaib setingkat dengan kuntilanak.

Legenda Asal Usul Sundel Bolong

Dalam versi Indonesia, hantu sundel bolong merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa. Ia lalu melahirkan anaknya di dalam kubur. Mitosnya lagi, Si Sundel ini bolong suka mencuri bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Konon menurut cerita turun temurun,setan sundel bolong menyukai ari-ari bayi.

Karena sama-sama berambut panjang dan memakai baju putih, banyak yang mengira Si Sundel sama dengan si Kunti. Bolong yang terdapat pada punggungnya menjadi pembeda keduanya. Lubang ini tercipta karena sundel bolong melahirkan anaknya lewat punggung Mitosnya, Sundel bolong sangat malu dengan lubang pada badannya dan selalu berusaha menutupinya.Tapi keduanya sama-sama menyeramkan kok.

Perwujudan ini sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahun 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna. Tidak sedikit film horor dari Indonesia yang telah menggunakan sundel bolong sebagai pokok cerita, namun yang dianggap telah memopulerkan sundel bolong adalah film Sundelbolong (1981) dari Rapi Films yang disutradarai maestro film Sisworo Gautama Putra dan dibintangi Suzanna yang telah dikenal sebagai "Ratu Horor" Indonesia kala itu.

Nah Sobat, demikian Sejarah Misteri Hantu Sundel Bolong. Tidak banyak referensi yang menggambarkan sepak terjang hantu sundel bolong. Mendekatkan diri terhadap Tuhan menjadi cara ampuh agar terhindar dari Hantu Sundel Bolong.

Supranatural Jokowi
Bagi anda yang ingin copy paste artikel ini saya ikhlas dengan syarat sertakan Sumber dan Link ini : http://www.supranaturaljokowi.com/2015/03/sejarah-dan-pengertian-sundel-bolong.html

1 komentar:

  1. Cerita hantu selalu menarik, nikmat horornya buat sensasi jntung

    BalasHapus