Share To

5 Cara Merawat Batu Akik Agar Cepat Tua Dan Mengkilap

Cara merawat batu akik agar cepat tua (jadi) dan mengkilap (kristal) ini perlu anda coba, agar batu akik kesayangan anda jadi mengkilap, kristal dan cepat tua untuk memperkuat warna dari batu itu sendiri. Kelebihan batu yang sudah tua bisa dilihat dari tampilannya. Berikut Cara Merawat Batu Akik


JENIS BATU TUA adalah batu akik yang memiliki mineral kristal cukup baik, sehingga batu tersebut pantas disebut sebagai perhiasan. Seiring perkembangannya, banyak para penggemar yang melakukan inovasi untuk membuat batu akik menjadi cepat tua.

PERAWATAN BATU AKIK - Berbagai macam perawatan pun dicoba, mulai dari merendam, mengasapi, mendinginkan, hingga teknik penguapan. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan tampilan batu yang lebih baik, Cara merawat batu akik agar cepat tua dan mengkilap.

5 Cara Merawat Batu Akik Agar Cepat Tua Dan Mengkilap
Berbagai macam teknik tersebut saat ini sudah banyak dilakukan. Ada yang sudah mendapatkan hasilnya, tetapi tidak sedikit juga yang tidak menghasilkan apa-apa. Kita akan mulai dari teknik perendaman.

Adapun beberapa teknik perendaman yang dilakukan oleh banyak orang saat ini adalah sebagai berikut :

1. Merendam Batu Akik Dengan Air Kelapa

Teknik pertama cara merawat batu akik yang harus anda ketahui adalah merendam dengan air kelapa . Disebutkan bahwa air kelapa mampu membuat batu akik menjadi cepat tua dan dapat mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya . Air kelapa mengandung kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium . Dengan penerapan yang tepat , mineral kristal pada batu akan mengalami regenerasi . Regenerasi tersebut memicu munculnya kristal-kristal yang baru . Selain untuk membuat batu akik menjadi mengkristal , air kelapa sangat baik untuk memperkuat warna pada batu .

Kandungan anti oksidan pada air kelapa , dapat membuat penampilan warna pada batu menjadi lebih kuat . Anda cukup melakukan perendaman selama satu malam , maka anda akan melihat hasilnya secara nyata . Untuk beberapa jenis batu tertentu , ternyata air kelapa dapat membuat batu menjadi rusak . Jenis batu akik yang tidak cocok dengan air kelapa , dapat anda kenali dari teksturnya yang kasar dan memiliki kekerasan yang rendah . Selain itu juga , beberapa batu yang memiliki pori-pori besar , juga tidak cocok dengan teknik perawatan menggunakan air kelapa .

2. Merendam Batu Akik Dengan Air Hujan

Cara kedua adalah merendam batu akik dengan air hujan . Cara ini dianggap lebih aman dibandingkan air kelapa , karena tidak beresiko merusak batu . Namun , prosesnya yang lebih lama mengharuskan anda untuk bersabar . Air hujan sendiri terkadang mengandung metana , neon , besi , dan asam sulfat . Adanya kandungan gas alami didalamnya , dapat dimanfaatkan untuk merangsang pertumbuhan kristal pada batu . Berapa lama merendam batu akik dengan air hujan ? . Waktu yang dibutuhkan tergantung jenis batu yang direndam . Apabila batu tersebut memiliki calon mineral kristal, maka waktu yang anda butuhkan bisa lebih cepat .

Berdasarkan informasi yang Butoijo.com dapatkan, proses perendaman batu akik dengan air hujan akan lebih cepat jika anda juga menjalankan proses pemanasan. Pemanasan tersebut dapat anda lakukan dengan menjemur batu dibawah terik matahari. Pada saat malam , batu anda rendam dengan air hujan dan disaat pagi batu tersebut anda jemur dibawah terik matahari pagi. Proses pengkristalan akan lebih cepat bila anda melakukannya setiap hari secara konsisten

Setelah proses perendaman , pilihan yang kedua adalah teknik pengasapan .

3. Mengasapi Batu Akik ( Smoke Procces )

Pengkristalan batu menggunakan asap sering digunakan pengerajin batu dari Australia , untuk mendapatkan tampilan Batu Black Opal yang lebih berwarna . Proses pengasapan atau Smoke Procces sendiri membutuhkan media asap yang mengandung karbon yang digunakan untuk membuat batu menjadi lebih mengkristal . Wedung.com belum mendapatkan terkait penjelasan ilmiah tentang mengasapi batu . Namun , cara ini dianggap sangat ampuh untuk membuat batu akik menjadi tembus cahaya.

4. Memberikan Uap Air Terhadap Batu Akik

Pengukusan atau memberikan uap air terhadap batu akik disebutkan mampuh membuat batu akik menjadi tembus cahaya atau mengkristal . Namun , berdasarkan informasi yang didapatkan , ternyata teknik perawatan ini tidak cocok untuk beberapa jenis batu akik tertentu , terutama yang memiliki kekerasan yang rendah . Hal ini dapat memicu batu menjadi retak atau menimbulkan aliran air atau track ( seperti garis retak didalam ) .

5. Mendinginkan Batu Akik

Teknik terakhir adalah proses pendinginan . Proses ini sendiri dapat dilakukan dengan memasukkan batu akik kedalam kulkas yang bersuhu dibawah 0 derajat celcius . Dengan adanya tekanan suhu tersebut , membuat warna pada batu akan terlihat lebih kuat dan juga dapat menciptakan kekristalan pada batu walaupun prosesnya sangat panjang .

Demikian artikel tentang cara merawat batu akik agar cepat tua atau mengkristal . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar